Pages

Air Mata Sahabat

“Teett...teett”, bel pulang telah berbunyi. Saatnya kami semua bergegas pulang. Segera tanganku menjamah tas.
“Dinn, ekstranya masuk ta?”, tanyaku pada Dinna yang duduk sebangku denganku.
“Iya Zha, kamu ikut atau nggak?”, jawab Dinna.
“He’em aku ikut, tapi biasalah aku mau pulang dulu, laper ini perut! Hehe”, candaku.
“Halah.. pancet ae kamu iki! Ya udah ndang pulang gih”, saut Dinna.
“Oke bebh ”
Lalu dengan segera aku menuju ke parkiran motor dan mengambil motorku. Tak lama kemudian aku sampai di rumah. Setelah sholat dan makan aku langsung kembali ke sekolah lagi, dengan terburu-buru aku masuk ke kelas ekstra. Hadehh, ternyata sudah masuk, dan tanpa disengaja aku duduk berdekatan dengan Rahma. Rahma adalah salah satu sahabatku yang berlainan kelas denganku.

“Lho Zha, kamu kok sendiri? Dinna kemana?”, tanya Rahma.
“Wahh kurang tau aku Ma, soalnya aku tadi pulang dulu dan tadi Dinna ada di kelas saat aku pulang ke rumah”, jawabku asal-asalan.
“Ouwh gitu ya? Ya udah makasih”, jawabnya lagi.
“Iya Ma, sama-sama”
Dengan lagak nakalku aku bercanda dengan teman yang berada disampingku tanpa memperhatikan kakak yang sedang menerangkan didepan. Uhh! Payah.. Aku ngantuk banget, ingin tidur siang rasanya. Kapan ya pulangnya? Tak lama kemudian Dinna datang.
“Ehh, Dinn sini. Dari mana sih? Tak tunggu dari tadi lho kamu, oya dicari sama Rahma tuh”, teriakku.
Dinna menuju ke bangkuku, “aku tadi ngenet dulu Zha, makanya agak lama. He’em, bentar ya tak nyamperi Rahma dulu”, saut Dinna.
“Oke Dinn!”
Sesuatu yang aku tunggu-tunggu, yes.yes!!! Akhirnya pulang juga. Aku, Dinna, dan Rahma segera ke parkiran mengambil motor, tetapi aku pulang terlebih dahulu setelah aku merasakan lelah mengancamku, hehe.
“Dinn, Ma, aku pulang dulu ya?”, sapaku.
“Iya, hati-hati di jalan”, saut mereka.
Sesampai di rumah aku tak tahan melihat motorku hanya berdiam di garasi, tiba-tiba sifatku yang suka kluyuran kambuh. Perasaanku tak taku-karuan, aku merasa jika tanganku harus mengetik sms dan bertanya kepada Dinna keberadaannya sekarang. Diriku semakin tak tertahan, aku merasa cemburu kepada seseorang yang sedang bersama Dinna saat itu juga, “ada apa ini? Aku kok bingung kayak gini sih? Pengen banget maen bareng sama Dinna”, keluhku dihati.
“Dinn, lagi dimana sekarang?”, tanganku mengambil HP dan segera mengirim sms itu ke Dinna.
“Lagi di Cafe biasa”, balasnya singkat.
“Hmmbb, gitu ya sekarang? Pergi nggak ajak-ajak. Sama siapa kamu Dinn?”, balasku lagi.
“Kesinio ta? Sama pacarku ini, hehe”
“Wealah, sama Adhi ta? Tak kira sama Rahma tadi, udah nggak usah deh. Makasih Dinn tawarannya, maaf ya ganggu waktu kamu?”, perasaanku semakin lega dengan jawaban Dinna.
Aku menunggu balasan dari Dinna, namun ia tak membalas smsku sama sekali, “mungkin dia lagi asyik sama Adhi”, pikirku. Tak ku sadari aku telah berada di alam mimpiku, hampir 3 jam aku telelap di kamar kesayanganku. Hari semakin sore, hal pertama yang aku lakukan saat mataku terbangun adalah mengambil HP, ternyata ada sms dari Dinna.
“Ini memang lagi sama Rahma Zha, hehe”, air mataku menetes saat membaca sms itu, sms Dinna sebenarnya sudah dari tadi tetapi mungkin karena ada gangguan sinyal jadi ya baru bisa masuk. Perasaan kesalku muncul, teganya Dinna berduaan sama Rahma tanpa mengajak aku, memangnya aku ini dianggap apa sama mereka? . Siall... Hari ini benar-benar sial, tega sahabatku berbuat seperti itu di depanku.
Keesokan harinya aku masuk sekolah seperti biasa, dari sejak berangkat sekolah sampai berakhirnya pelajaran pertama, tak ada seulas senyumku buat Dinna, kami hanya bisa saling diam. Tak lama kemudian aku mengajak Dinna berbasa-basi lalu aku mengajaknya ke kamar mandi. Setelah kembali dari kamar mandi aku mencoba minta penjelsan kepada dia tentang kejadian kemarin.
“Dinn, kamu ngrasa nggak kalo aku lagi marah sama kamu?”, tanyaku.
“Iya jelas ngrasa, kamu dari tadi diem terus. Aku kan jadi bingung Zha, emang ada apa tow? Kalo aku punya salah sama kamu, tolong kamu jelasin donk?”, jawab Dinna bingung.
Sambil mencari tempat duduk, aku berkata pada Dinna, “beneran kamu nggak tau apa penyebab marahku ini?”
“Sumpah Zha aku nggak tau apa-apa, tolong dong kamu jelasin ke aku?”, Dinna semakin bingung.
“Kamu mikir nggak aku bakal marah sama kamu gara-gara kamu pergi sama Rahma kemarin? Aku tau itu bukan hak aku buat ngatur-ngatur kamu, kemana dan sama siapa kamu pergi itu urusan kamu, aku nggak berhak sama sekali ikut campur masalah kamu. Tapi, aku mohon sama kamu, please jangan pergi berduaan sama Rahma dengan sepengetahuan aku, jujur aku merasa tersingkirkan kalo kayak gini caranya, bukannya aku mau egois Dinn, sumpah aku cemburu dengan semua itu. Udah berapa kali kamu nglakuin itu di depan aku? Sakit Dinn hati aku, mungkin selama ini aku cuma bisa mendem perasaan itu, buat sekarang aku udah bener-bener nggak kuat lagi. Maaf aku harus jujur sama kamu, kamu bisa ngerti kan?”, panjang lebar penjelasan aku ke Dinna.
“Iya aku ngerti Zha, kemarin aku nggak bermaksut kayak gitu ke kamu, maafin aku juga ya? Aku sadar selama ini aku sering kilaf ke kamu”, jawab Dinna dengan wajah sedihnya.
“Udah Dinn jangan sedih gitu dong? Aku cuma pengen kamu nutup-nutupi dari aku kalo kamu lagi pergi sama Rahma, jadi ya pura-pura aja di depan aku kalo kamu nggak pernah pergi sama Rahma, ngerti kan maksut aku?”, tanyaku lagi.
“He’em Zha, aku ngerti kok”, Dinna semakin sedih.
“Dinn... Jangan sedih gitu dong? Aku tuh sayang banget sama kamu, kamu selalu ada buat aku disaat aku butuh kamu ataupun enggak, kamu itu sahabat yang bener-bener bisa mahami perasaan aku. Jangan pernah tinggalin aku ya? Aku mohon sama kamu, aku pengen kita berdua bareng-bareng ngrawat persahabatan kita ini, kalo ada masalah diantara kita jangan sampai dibesar-besarin ya? Kalo bisa buat masalah itu cepet selese. Aku selalu berdoa pada Tuhan, semoga Tuhan mengijinkan kebersamaan kita sampai kita nenek-nenek. Amin”, tegasku.
Tiba-tiba Dinna meneteskan air matanya, nggak tau kenapa aku ikut sedih melihatnya.
“Ehh, sayang jangan nangis gitu dong? Jadinya kan wajah kamu tambah jelek?”, gumamku.
“Zha, maafin aku ya? Aku juga sayang banget sama kamu, tapi jangan terlalu berharap sama aku, karena aku belum tentu bisa menjadi yang kamu harapin. Aku manusia biasa Zha, jadi aku juga bisa kalo suatu hari ntar nglakuin salah ke kamu, aku nggak mau gara-gara satu masalah hubungan kita jadi berantakan. Aku mohon sama kamu, jangan terlalu berharap sama aku?”, tangis Dinna tak tertahan lagi.
“Ya Allah Dinn... Please jangan nangis gitu dong? Aku bisa ikutan nangis ini ntar, he’em aku ngerti, memang nggak ada manusia yang sempurna kok. Tapi kan kita bisa Dinn pertahanin itu semua, kita harus bisa saling memaafkan dan jangan sampai kita menyakiti satu sama lain. Aku yakin kamu bisa jadi seperti yang aku harapin tadi, kita kan wajib saling ngingetin? Iya kan? ”, usahaku untuk nenangin Dinna.
Dinna mengusap air matanya, “iya Zha kita harus saling ngingetin dalam berbagai keadaan, aku juga pengen kita bisa bersama terus”, Dinna mulai tenang.
“Ya udah jangan nangis lagi, kita jaga bareng-bareng persahabatan kita ini, oke? Aku percaya kamu kok Dinn”, sautku lagi.
“Oke Zha. Aku juga percaya sama kamu”, jawab Dinna dengan senyum.
Sejak saat itu kami berdua benar-benar menjaga perasaan satu sama lain, dan kami juga saling mengingatkan jika salah satu diantara kami berbuat kilaf. Dan kami juga berharap bisa menjalin persahabatan kami sampai kapanpun. 

0 komentar:

Posting Komentar